by

Indonesia Harus Bersiap Virus Penyebab Penyakit Baru

Prof Dr Ir I Made Artika, MappSc 

PERDANANEWS BOGOR BARAT. Virus penyebab penyakit adalah virus yang dapat menginfeksi dan berkembang biak di dalam sel manusia. Berlanjutnya kemunculan beragam virus baru dan lama yang timbul kembali telah menjadi masalah utama dalam kesehatan manusia.

Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sangat rentan terhadap penyakit infeksi baru akibat virus.  “Indonesia tercatat sebagai negara dengan korban kematian tertinggi akibat infeksi virus influenza A/H5N1 (virus flu burung).

Penyakit baru timbul atau timbul kembali akibat infeksi virus telah menjadi permasalahan global dan semakin mengancam kesehatan masyarakat dunia. Sejarah sudah membuktikan bahwa kemunculan virus baru semakin sering.

Tahun 1918, muncul virus flu Spanyol yang mengakibatkan jutaan orang meninggal. Setelah itu muncul sejumlah virus baru namun jarak waktu kemunculannya relatif jarang.

Belakangan ini, kemunculan virus baru semakin sering. Belum selesai krisis virus Ebola di Afrika Barat, muncul virus Zika di Amerika Selatan dan kemudian diikuti kemunculan virus Corona, SARS-CoV-2, di Wuhan, Cina hingga menimbulkan pandemi. 

Ini membuktikan betapa rentan masyarakat dunia terhadap infeksi virus,” ujar Prof Dr Ir I Made Artika, MappSc dalam konferensi pers Pra Orasi Ilmiah Guru Besar secara daring, (10/9).

Guru Besar IPB University dari Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini akan dinobatkan sebagai Guru Besar Tetap IPB University dalam Orasi Ilmiah yang akan digelar Sabtu mendatang.

PERDANANEWS