by

Perdana, Webinar Digitalisasi Penyuluhan Pertanian Era New Normal oleh Sekolah Vokasi IPB University

Leonard Dharmawan, SP MSi dan Ratih Kemala Dewi, SP MSi

Bogorbarat.perdanananews.com. Webinar nasional yang berjudul “Digitalisasi Penyuluhan Pertanian Di Era New Normal” pada tanggal 13 Agustus 2020 pukul 13.00-15.30 WIB telah diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi IPB University.

Webinar tersebut mengangkat isu terkait sektor pertanian yang merupakan penopang di masa pandemi sebagai penghasil kebutuhan pangan. Pangan menjadi perhatian khusus karena merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Peran petani menjadi sangat penting sebagai kunci utama dalam rantai pasokan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

Demi mencapai keberhasilan peningkatan produksi pangan oleh petani diperlukan dukungan dan bantuan pemerintah khususnya penyuluh pertanian.

Penyuluhan pertanian sebagai sebagai suatu sistem pemberdayaan petani merupakan suatu sistem pendidikan non formal bagi petani yang bertujuan membantu petani dalam meningkatkan keterampilan teknis, pengetahuan, mengembangkan perubahan sikap yang lebih positif dan membangun kemandirian dalam mengelola lahan pertaniannya. Pentingnya Penyuluhan pertanian sebagai perantara dalam proses alih teknologi.

Di era new normal tentu kegiatan penyuluhan ikut terpengaruh, karena adanya pembatasan sosial sesuai protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, sehingga diperlukan adanya pengembangan sistem digital untuk membantu kegiatan penyuluhan.

Sejauhmana perkembangan sistem informasi digital penyuluh pertanian untuk petani akan dibahas dalam seminar online ini oleh pembicara dari akademisi, peneliti, penyuluh dan petani milenial.

Baca Juga Tips Bedakan Hewan Sehat dan Sakit Ala Dokter Hewan Alumni IPB University

PERDANANEWS