by

Mengenal Investasi di Masa Pandemi Covid-19

Deni Prihanto*

Bogorbarat.perdanannews.com. Pandemi Covid-19 memberikan dampak luas secara global termasuk investasi. Tidak hanya dibidang kesehatan, namun bidang perekonomian dunia juga terkena imbasnya.

Selain itu, masyarakat juga banyak yang mengalami PHK dan mengalami krisis finansial apabila tidak memiliki biaya darurat atau tabungan.

Perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat terhadap tabungan finansial jangka panjang yang dapat dipergunakan saat terjadi kondisi tak terduga seperti saat ini. Akan tetapi menabung di bank dan menaruh uang secara deposito, dirasa kurang optimal.

Oleh sebab itu, perlu pemahaman mengenai kegiatan investasi, sebagai upaya untuk membantu perekonomian suatu negara maupun kegiatan usaha yang didanai.

Menurut Anggara Nurdiana sebagai narasumber mengungkapkan bahwa investasi adalah kegiatan pengalokasian dana pada instrumen-intrumen produktif untuk memperoleh keuntungan atau meningkatkan nilai tambah dari dana yang dikeluarkan.

Investasi juga dapat diartikan sebagai penanaman modal oleh pemodal (investor) maupun pengelola dari suatu usaha dan mengharapkan keuntungan yang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak (Auliya 2019).

Terdapat tiga alasan seseorang melakukan investasi, yaitu mendapatkan keuntungan yang dapat dipergunakan di masa datang, mengatasi adanya inflasi, dan dorongan untuk menghemat pajak (Kurniawan 2019).

PERDANANEWS