by

Guru Kehidupan

Arie Wibowo Irawan, S.P., M.M*

“Talesing Sedayu Tinulad Ing Wignya Lan Sembada, artinya harapan baik butuh keyakinan, kerja keras, & konsistensi (TO. Suprapto)

Bogorbarat.perdanananews.com. Dalam perjalanan saya keliling Indonesia, saya bertemu dengan banyak sekali Guru Kehidupan

Apabila dalam perjalanan hidup dan karir kita berhasil menemukan sosok guru kehidupan, congratulations…we’re the lucky one.

Berjumpa dengan sosok guru kehidupan, sepertinya membuat kita hanya ingin duduk diam dan mendengarkan.

Menyerap banyak sekali ilmu darinya. Tanpa perlu berbicara sepatah kata pun. Hanya menyimak, tidak kurang, tidak lebih.

Dibalik sosok sederhana bernama TO. Suprapto, kita akan banyak menemukan karya-karya hebat yang sudah diakui di level nasional dan Internasional.

Banyak sekali penghargaan dari swasta maupun pemerintah yang akan menggambarkan karya-karya yang telah beliau torehkan.

Datang dan melihat joglo tani secara langsung yang berada di desa, seakan melihat mimpi seorang TO. Suprapto.

Pak TO (begitu biasa banyak orang menyapa beliau), punya mimpi yang mulia sekali.

Visinya Merdeka, Misinya Mandiri dan Harapannya Kecukupan. Ringkas namun padat dan jelas. Pak TO ingin petani Indonesia khususnya, dan orang Indonesia pada umumnya untuk bisa mewujudkan tiga hal tersebut.

Pemilik Joglo Tani di daerah Sleman, Yogyakarta ini banyak sekali ilmu dan wisdom yang bisa kita teladani dan praktekan.

Beliau percaya bahwa Orang BODOH kalah dengan orang PINTAR; Orang PINTAR kalah dengan orang CERDAS; Orang CERDAS kalah dengan orang BEJO; Orang BEJO kalah dengan orang NEKAT; dan Orang NEKAT kalah dengan orang GILA.

Baca Rahasia Mimpi Agar Menjadi Nyata (Bag 1)

PERDANANEWS